Prosesi Sedekah Bumi 1953 Saka Desa Ketenger

Prosesi Sedekah Bumi 1953 Saka Desa Ketenger

          Sedekah Bhumi / Suran bagi masyarakat Desa Ketenger adalah telah menjadi tradisi dan budaya sebagai perwujudan rasa syukur Kepada Tuhan Yang Maha Esa atas karunia dan limpahan rahmat-Nya. Sebagai sebuah jati diri bangsa, adat budaya telah ada dan mengakar dalam diri masyarakat haruslah dilestarikan serta dapat dikembangkan seiring perkembangan zaman. Dalam sebuah prosesi adat budaya yang telah dilaksanakan terbukti bagi para pelakunya menjadi spirit untuk melakukan kebaikan dalam segala bentuk kegiatan berkehidupan pribadi, sosial maupun dalam berkeyakinan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. karena dalam sebuah acara prosesi budaya tersebut adalah proyeksi ajaran kebaikan yang tersirat didalam symbol - symbol dan ritual yang dilaksanakan.

          Prosesi ritual suran / sedekah bhumi di Desa Ketenger dilaksanakan secara rutin oleh masyarakat setiap tahun pada bulan awal kalender tahun Saka / Hijriyah, dan pada pelaksanaannya terus dilakukan kajian spiritual dan filosofi yang terkandung didalam kegiatan yang dilaksanakan agar dimasa mendatang dapat diketahui hal positif yang dapat dilestarikan dan dikembangkan.

          Kegiatan budaya semacam ini diharapkan dapat berkembang menjadi sebuah potensi wisata budaya sehingga dapat diarahkan keprofit oriented bagi masyarakat sekitarnya. Sehingga dampak positif dari pelaksanaan kegiatan - kegiatan budaya secara riil dapat dirasakan oleh masyarakat. Tidak terkecuali pada tahun baru 1953 Saka / 1441 Hijriyah tahun 2019 Masehi ini juga akan dilaksanakan serangkaian kegiatan prosesi sedekah bhumi / suran pada hari kamis wage tanggal 26 september 2019 di lapangan RW 03 Desa Ketenger Kecamatan Baturraden Kabupaten Banyumas.

Related Posts

Komentar