Pembangunan Talud Jalan Lingkungan RT 04 RW 04 Dusun Kalipagu

Pembangunan Talud Jalan Lingkungan RT 04 RW 04 Dusun Kalipagu

          Pembangunan pedesaan adalah pembangunan berbasis pedesaan dengan mengedepankan kearifan lokal kawasan pedesaan yang mencakup struktur demografi masyarakat, karakteristik sosial budaya, karakterisktik fisik/geografis, pola kegiatan usaha pertanian, pola keterkaitan ekonomi desa-kota, sektor kelembagaan desa, dan karakteristik kawasan pemukiman.

          Pembangunan yang berbasis pedesaan diberlakukan untuk memperkuat fondasi perekonimian negara, mempercepat pengentasan kemiskinan dan pengurangan kesenjangan perkembangan antar wilayah, sebagai solusi bagi perubahan sosial, desa sebagai basis perubahan. Dalam realisasinya, pembangunan pedesaan memungkinkan sumber-sumber pertumbuhan ekonomi digerakkan ke pedesaan sehingga desa menjadi tempat yang menarik sebagai tempat tinggal dan mencari penghidupan. Infrastruktur desa, seperti irigasi, sarana dan prasarana transportasi, listrik, telepon, sarana pendidikan, kesehatan dan sarana- sarana lain yang dibutuhkan, harus bisa disediakan sehingga memungkinkan desa maju dan berkembang.

Skala prioritas pembangunan pedesaan yang berbasis pada pengembangan pedesaan (rural based development), meliputi :

          Desa ketenger adalah salah satu desa yang berada di wilayah kabupaten Banyumas yang sedang berkembang, Dengan laju pertumbuhan penduduk yang sangat pesat dan laju perekonomian yang sangat tinggi. Dan masyarakat Desa Ketenger sangat mendambakan adanya Wisata di Desa Ketenger. yang dapat segera terwujud, apa yang jadi tujuan sebagai Desa Wisata. Sehingga dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat, yang diharapkan dapat membantu mempercepat tercapainya kesejahteraan bagi warga, khususnya warga miskin di Desa Ketenger. Pembangunan talud jalan lingkungan yang berlokasi di RT 04 RW 04 Dusun Kalipagu Desa Ketenger dengan anggaran yang bersumber dari bantuan keuangan Kabupaten Banyumas diharapkan dapat mempercepat pembangunan sarana prasarana wisata yang ada di Desa Ketenger.

 

Related Posts

Komentar